Harry Tri Wibowo
Blog Universitas Komputer Indonesia
Featured Blog
Featured

Asana - Task Management for Teams (Tutorial Dasar)

Asana - Task Management for Teams (Tutorial Dasar)
Hey kampusers, di postingan pertama ini saya ingin mencoba memperkenalkan sebuah web service baru yang ditawarkan salah satu founder Facebook, Dustin Moskovitz dan juga rekannya Justin Rosenstein yang bernama Asana, web service yang sangat efisien digunakan untuk kegiatan pribadi maupun kegiatan kelompok yang membutuhkan task management, walaupun untuk pengimplementasian di mobile device masih dalam pengembangan.
 
1
Logo Resmi Asana
 
Awalnya, Dustin membuat Task Management ini untuk penggunaan internal facebook, yang mempercepat dan mengefisienkan kinerja team facebook. Dustin bersama rekannya Justin yang dia rekrut dari Google untuk join ke Facebook memutuskan untuk keluar dari Facebook pada tahun 2009 dan fokus dalam pembangunan Web Apps Asana ini. apa tujuan Dustin Moskovitz, Billionaire termuda saat ini (lebih muda 4-8 hari dari Mark Zuckerberg) ? tidak lain adalah semangat berbagi, dan niat baiknya untuk meng-efisien-kan segala macam schedule.
 
Segitu saja dulu sejarahnya, kali ini saya akan membahas beberapa fitur dan cara penggunaan Asana secara singkat.
 
Untuk tahap pertama, yang harus dilakukan adalah Registrasi. Caranya:
  • masuk ke http://www.asana.com/
  • Isikan nama lengkap dan email pada kolom pendaftaran di halaman awal dan klik tombol sign up, seperti gambar di bawah ini:
1
Tampilan Form Sign Up
 
  • kemudian, email verifikasi akan dikirimkan ke email anda. Klik link verifikasi, kemudian isikan password pada form selanjutnya dan klik tombol "create account" seperti di bawah ini:
1
Formulir isian Password untuk pengguna baru
 
  • Kemudian akan muncul welcome screen, sebagai tanda bahwa akun Asana anda telah teraktivasi penuh. Close welcome screen tersebut dan tampilan akan berubah seperti dibawah ini:
1
Tampilan workspaces pada Asana
 
  • Hal pertama adalah memberi nama workspace pertama kita. Perlu diingat bahwa workspace adalah sebuah ruang kerja khusus untuk memanage pekerjaan-pekerjaan yang yang akan kita kerjakan. Misalkan workspace yang pertama ini akan kita isi untuk memanage berbagai proyek website yang kita dan teman-teman kerjakan, dan akan diberi nama "Proyekan Web Team Gue". Caranya adalah klik pada tombol gear, dan klik "Edit Workspace Settings", seperti ini:
1
  • Kemudian isi semua field sesuai kebutuhan dan klik tombol "Update Workspace". misalkan:
1
  • Setelah itu tab "Members" akan aktif. untuk sementara abaikan terlebih dahulu dan klik tombol "X" pada pojok kanan atas kotak dialog.
  • Tahap selanjutnya adalah membuat proyek, yaitu dengan mengklik tombol "New Project" dan Beri nama pada project tersebut, misalkan "Website Utama".
  • Buat daftar task dengan mengetikkan pada kotak yang sudah disediakan dan tekan enter untuk memisahkan satu task dengan yang lainnya, sampai seperti ini:
1
  • Task bisa juga dibagi dengan "Priority List" dengan membuat task baru dan menambahkan tanda ":" diakhir task, menjadi seperti ini:
 1
 
Kita sudah membuat task list untuk project yang kita buat. Untuk selanjutnya, kita bisa memberi detail pada tiap task, dengan cara mengklik tanda ">" pada pojok kanan task yang sedang kita pilih, dan akan tampil sidebar seperti ini:
 
1
 
 
Pada kolom itu kita bisa isikan berbagai detail seperti Due Date (Deadline), Tags, meng-attach file, melihat aktivitas yang sudah kita lakukan pada task tersebut dan memberi comment serta lain-lainnya.
 
Sampai tahap ini dasar penggunaan Asana sudah terangkum didalamnya. Tentu saja yang namanya Task Management for Teams diatur dan dipergunakan oleh lebih dari satu orang, maka tahap selanjutnya adalah menginvite team kita dengan cara:
  1. Klik tombol gear -> "Edit Workspace Settings" (lihat tahap sebelumnya)
  2. Pindah ke tab "Members"
  3. tambahkan member dari team kita dengan mengisi email dan nama lengkap (Opsional), dan mengklik tombol "Send Invite"
  4. Lakukan tahap 4 berulang kali sampai semua member ter-invite.
Begitu mudahnya penggunaan Asana untuk kolaborasi team, semoga postingan ini berguna bagi para kampusers yang kesulitan dalam memanage task pribadi maupun team. Sekian postingan ini, semoga bermanfaat :)
 
Note: setiap keyword inti sudah saya link ke Wikipedia untuk memudahkan pencarian, happy reading ;)
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 14 November 11 - 18:56 WIB
Dalam Kategori : ASANA, TASK, MANAGEMENT, TEAM, TEAMS, FACEBOOK, FOUNDER, DUSTIN, MOSKOVITZ, GOOGLE
Dibaca sebanyak : 5536 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback